-->
    |



Pemda Kepsul Prioritaskan Pembangunan Internet di 12 Kecamatan


SANANA, Reportmalut.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) terus berupaya memenuhi kebutuhan akses internet di seluruh kecamatan. Upaya ini merupakan bagian dari visi "Sula Bahagia" yang dicanangkan oleh pemerintah daerah.

Kepala Dinas Kominfo, Barkah Soamole, menyatakan bahwa Pemda akan memprioritaskan pengadaan jaringan internet, terutama di kantor-kantor pemerintahan dan sekolah-sekolah yang berada di wilayah Kabupaten Kepulauan Sula. 

Pada tahun ini, sebanyak 28 titik tambahan akan dipasangi jaringan internet. Sebanyak 24 titik akan dibangun oleh PT Lindu, mitra dari Pusat Bakti Kominfo, dan 4 titik lainnya akan dipasang oleh Mitratel, anak perusahaan dari Telkomsel.

"Pemerintah daerah telah memenuhi kebutuhan site internet di sejumlah desa dan 12 kecamatan di Kepulauan Sula. Namun, di Kecamatan Mangoli Selatan dan Mangoli Utara Timur, masing-masing baru ada satu site yang terhubung di kantor pemerintahan kecamatan dan puskesmas," jelas Barkah pada Kamis (5/9/2024).

Terkait dengan keluhan dari masyarakat dan video di media sosial tentang kebutuhan siswa akan jaringan internet, Barkah membenarkan bahwa di Kecamatan Mangoli Selatan baru ada satu site, yaitu di Kantor Camat dan Puskesmas Mangoli Selatan. Beberapa sekolah seperti SMP Negeri 4 Mangoli Selatan hingga kini belum memiliki akses internet. Namun, Barkah juga menegaskan bahwa pihak sekolah belum mengajukan permohonan resmi untuk kebutuhan jaringan internet.

Barkah menjelaskan bahwa Bupati Kepulauan Sula, Fifian Adeningsi Mus, telah menginstruksikan Dinas Kominfo untuk segera memenuhi kebutuhan jaringan internet di seluruh wilayah. Permintaan tambahan jaringan internet dari sekolah, kantor, puskesmas, hingga desa terus diproses oleh Diskominfo.

Untuk mempercepat pengadaan jaringan, Barkah mengimbau pihak sekolah dan kantor yang membutuhkan jaringan internet agar segera mengajukan permintaan melalui surat resmi kepada Diskominfo, dengan tembusan kepada kepala desa dan camat setempat. Surat permohonan ini akan diunggah ke sistem pusat Bakti Kominfo untuk diproses lebih lanjut.

"Kabupaten Kepulauan Sula saat ini menjadi salah satu daerah dengan kesiapan jaringan internet terbaik dibandingkan kabupaten/kota lainnya di wilayah ini. Ini karena perhatian pemerintah daerah yang terus berupaya memenuhi kebutuhan jaringan internet secara berkala," tambahnya.

Barkah juga menekankan pentingnya media untuk meminta informasi dari sumber yang bertanggung jawab, seperti Kepala Dinas Pendidikan, terkait isu-isu pendidikan. Hal ini penting agar pemberitaan tetap konstruktif dan tidak menimbulkan opini liar yang dapat merugikan masyarakat.

"Kami akan terus melakukan pendekatan persuasif agar pemberitaan di media menjadi sarana pengetahuan yang baik. Kami juga mengapresiasi sahabat-sahabat media yang selalu mengawal pembangunan di Kabupaten Kepulauan Sula," tutupnya. (Noah)

Komentar

Berita Terkini