-->
    |



Penutupan MATSAMA 2024 MAN 2 Tidore: Semangat Baru untuk Siswa Baru


Tikep- Setelah melaksanakan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) dengan berbagai kegiatan dan pengenalan lingkungan Madrasah, acara penutupan MATSAMA resmi ditutup oleh Kepala MAN 2 Tidore Kepulauan, Nurlaila Usman, S.Pd, dengan penuh kemeriahan dan semangat kebersamaan. 

Acara yang berlangsung selama empat hari ini bertujuan untuk mengenalkan lingkungan sekolah serta menanamkan nilai-nilai keislaman dan kebersamaan di kalangan siswa baru pada Kamis (18/7/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Madrasah Nurlaila Usman, S.Pd, Kepala TU Husain Alim, S.Pd, Wakamad Kurikulum Rusli Sin, S.Pd, M.Pd, Wakamad Kesiswaan Ismid Hi Abd Latif, S.Pd, Wakamad Humas Munsyiati U Yasin, S.Pd, serta Bapak Ibu Panitia MATSAMA, pengurus OSIM, dan seluruh peserta didik baru yang berjumlah 123 orang siswa.

Panitia berharap, MATSAMA tahun ini bisa menjadi tonggak awal bagi peserta didik untuk mengawali belajar di Madrasah dengan penuh semangat.

 Ismid, selaku Ketua Panitia Penyelenggara, menyampaikan bahwa MATSAMA bukan hanya sekadar ajang perkenalan, tetapi juga menjadi awal dari perjalanan pendidikan yang penuh dengan tantangan dan kesempatan untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan berprestasi.

 "Peserta didik baru bisa mendapatkan pengalaman, ilmu yang bermanfaat, lebih mengenal satu sama lain, lebih mengenal guru-guru, serta sarana dan prasarana di madrasah. Ini akan menjadi sebuah kekuatan untuk kami di MAN 2 Kota Tidore Kepulauan," ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan permintaan maaf serta apresiasi kepada seluruh panitia dan peserta MATSAMA yang telah berpartisipasi dengan penuh antusias.

Dalam sambutannya, Kepala Madrasah Nurlaila Usman, S.Pd berharap dengan berakhirnya MATSAMA ini, para siswa baru dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan siap mengikuti proses belajar mengajar dengan semangat dan dedikasi tinggi serta mengikuti segala ketentuan dan tata tertib yang berlaku di Madrasah ini. 

“Saya yakin bahwa selama empat hari ini kalian dikenalkan dengan segala ketentuan dan tata tertib bagaimana seharusnya kalian bersikap, berpikir, dan beraktivitas di lingkungan MAN 2 Kota Tidore Kepulauan. Dari masa pengenalan inilah nantinya menjadi dasar dan modal kalian beraktivitas, sehingga aktivitas kalian tiga tahun ke depan tetap mengikuti ketentuan dan tatanan yang ada di MAN 2 Kota Tidore ini. Mudah-mudahan dari empat hari ini saya maupun Bapak Ibu dewan guru bisa mengetahui bagaimana cara mengembangkan potensi-potensi dan kemampuan yang ada di diri kalian, sehingga insya Allah potensi, kompetensi, dan kemampuan yang ada di diri kalian bisa diasah, dilatih, dan dibina hingga bisa melahirkan prestasi gemilang bagi kalian ke depan. Insya Allah tiga tahun ke depan nanti kalian mampu untuk mempersiapkan diri dari sekarang sehingga masa depan kalian bisa menjadi rangkaian dari seluruh aktivitas kalian hari ini," ujarnya.

Rangkaian acara penutupan diisi dengan pelepasan atribut MATSAMA sebagai simbol bahwa siswa baru telah sah menjadi siswa-siswi MAN 2 Kota Tidore Kepulauan, dilanjutkan dengan penyampaian kesan dan pesan mewakili peserta, pembagian hadiah kepada peserta siswa baru kategori terkreatif, pemberian santunan kepada siswa-siswi yatim-piatu, dan kegiatan diakhiri dengan kuis seru dari kepala madrasah dan dewan guru kepada siswa baru.

Salah satu siswa baru, Arika Idris, mengungkapkan kegembiraannya dapat mengikuti MATSAMA. "Saya sangat senang bisa bertemu dengan teman-teman baru dan mengenal lebih dekat lingkungan sekolah. Kegiatan ini membuat saya semakin semangat untuk belajar di madrasah ini," kata Arika (*)

Komentar

Berita Terkini