-->
    |



MAN 2 Tikep Gelar Kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama)

Kegiatan Matsama MAN 2 Tikep (Foto: Humas MAN 2)

Tidore Kepulauan, - MAN 2 Kota Tidore Kepulauan menyelenggarakan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) pada hari Senin (15/07/2024) di aula madrasah. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan lingkungan madrasah kepada siswa baru dengan tema “Membentuk Karakter Siswa Yang Unggul, Berprestasi & Kompetitif Berakhlakul Karimah.”

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Madrasah Nurlaila Usman, S.Pd., Wakil Kepala Kurikulum Rusli Sin, S.Pd., M.Pd., Wakil Kepala Kesiswaan Ismid Latif, S.Pd., Wakil Kepala Humas Munsyiati U. Yasin, S.Pd., Wakil Kepala Sarpras Ibrahim M. Nur Folasimo, S.Pd., para panitia Matsama, OSIM, dan seluruh peserta didik baru yang berjumlah 123 siswa.

Ketua Panitia Matsama, Ismid Latif, dalam laporannya, menyambut baik para peserta didik baru dan berharap mereka dapat mengikuti acara tersebut dengan baik tanpa hambatan. 

"Kami ucapkan Ahlan Wahsahlan (selamat datang) di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Tidore Kepulauan. Semoga kalian senantiasa diberikan kesehatan dan kemudahan selama menuntut ilmu di madrasah. Selain itu, semoga kalian nyaman, riang gembira, dan dapat mengukir prestasi serta sejarah yang indah di MAN 2 Kota Tidore Kepulauan," ujarnya.

Kepala Madrasah Nurlaila Usman, S.Pd., dalam sambutannya, menyampaikan bahwa ada beberapa pemateri dari instansi-instansi terkait yang akan memberikan materi sesuai kebutuhan peserta didik baru dalam kegiatan Matsama. 

"Selama tiga hari ke depan, peserta Matsama akan dibekali materi seputar pencegahan penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja yang disampaikan oleh BNN Kota Tidore Kepulauan. Hal ini sangat penting ditanamkan pada diri para remaja, yaitu peserta didik baru di MAN 2 Kota Tidore Kepulauan, sehingga dalam kehidupan mereka, baik saat ini maupun di masa depan, mereka tidak pernah menyentuh atau mendekati narkoba," ungkapnya.

Materi lainnya yang akan diberikan termasuk nilai-nilai madrasah dan orientasi ibadah serta tata krama berakhlak oleh Bayanudin Sudin, S.Pd.I., kesehatan remaja yang disampaikan langsung oleh Kepala Puskesmas Inap Ome, dan materi terakhir tentang mengenal dan mengatasi bullying di kalangan remaja dari P2KB & Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak. 

Semua materi ini berkaitan dengan proses pertumbuhan peserta didik baru agar mereka memiliki dasar bagaimana tata cara berperilaku sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku.

Selain itu, kegiatan ekstra kurikuler dan intrakurikuler juga diperkenalkan kepada peserta didik baru. 

Berbagai upaya yang dilakukan oleh MAN 2 Kota Tidore Kepulauan diharapkan bisa menumbuhkembangkan potensi yang ada dalam diri peserta didik.

"Oleh karena itu, selama tiga hari ke depan, ikuti kegiatan Matsama ini dengan sungguh-sungguh. Gunakan kesempatan ini dengan sebaik mungkin untuk menyerap seluruh pelajaran yang diberikan oleh pemateri dan bapak ibu guru selama kegiatan ini sehingga bisa menjadi modal dan dasar untuk berprestasi di bidang akademik maupun non-akademik," ujar Kepala Madrasah. (*)

Komentar

Berita Terkini